Kamis, 11 Maret 2010

5 asupan pencegah penyakit

Kunci pencegahan penyakit yang efektif adalah dengan memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Untuk memiliki pertahanan tubuh yang prima, kita wajib menjalankan pola hidup yang sehat. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Sebab sejak dulu, para ahli telah meyakini pentingnya peran makanan yang kita konsumsi terhadap daya tahan tubuh kita.

Pola makan yang tepat yaitu yang beragam, bergizi, dan berimbang. Makanan harus beragam agar makin banyak nutrisi yang diserap tubuh. Bergizi, berarti pilih bahan makanan yang banyak mengandung nutrsi guna menunjang kesehatan. Bukannya makanan instan atau diproses yang zat gizinya telah hilang, serta zat aditifnya tinggi. Berimbang, artinya jumlah harus pas, sehingga tak membuat kita kelebihan kalori atau keracunan.

Berikut 5 asupan penting yang bisa dijadikan formula kekebalan tubuh kita :


Padi-padian.
Sajikan menu sarapan sehat untuk keluarga setiap hari dengan memasukkan satu atau lebih produk padi-padian, seperti gandum utuh, jagung, atau barley. Kandungan vitamin B6 dalam padi-padian mampu meningkatkan efek imunitas bagi tubuh kita. Tidak hanya itu, tingginya kandungan serat juga berguna untuk membersihkan saluran cerna dari racun penyebab penyakit.

Jamur Kancing Putih.
Tim peneliti dari Arizona State University di Mesa, menemukan khasiat jamur kancing putih dalam meningkatkan sistem imun tubuh, terutama dalam melawan pertumbuhan tumor. Dari beberapa jamur lain yang diteliti, seperti crimini, maitake, shiitake, jamur tiram, dan jamur kancing. Jamur kancing putihlah yang menunjukkan potensi paling tinggi dalam meningkatkan kekebalan tubuh, jelas Dr.Keith Martin, salah satu peneliti. Jadi, mari hiasi pizza, pasta atau sup kita dengan jamur.

Teh Hitam.
Jika tidak ingin gampang sakit, biasakanlah untuk menyeduh dan meminum teh hitam setiap hari. Senyawa antigen, disebut alkilamin, yang bertugas menjaga tubuh dengan cara menyerang virus dan  bakteri yang berpotensi merusak sel tubuh dan DNA. Selain itu, teh hitam akan membuat ukuran sel imun kita bertambah besar, tambah dr.Bambang. Untuk hasil maksimal di kemudian hari, biasakan untuk menyeruput 5 cangkir teh hitam setiap hari.

Asam Lemak Omega-3.
Tingkatkan kekebalan tubuh dengan mengonsumsi lemak-lemak baik, seperti asam lemak Omega-3, Omega-6, dan DHA, jelas dr.Bambang. Omega-3 yang bisa kita temukan dalam ikan laut, kerang, kedelai, minyak canola, minyak biji rami (flaxseed oil), serta sayuran, mampu menghasilkan fagosit. Yaitu sel darah putih yang bertugas membunuh bakteri yang melemahkan kekebalan tubuh kita. Bonus lainnya, Omega-3 juga turut memperkuat membran sel untuk mempercepat proses penyembuhan dan infeksi.

Walaupun penting, namun kita tetap harus memperhatikan jumlah takaran pengonsumsian asam lemak Omega-3 yang dianjurkan, yaitu maksimal 35% dari total kalori setiap hari. Jika kita sedang menjalani diet 2.000 kalori, maka kita membutuhkan 78 gr lemak setiap hari. Itu pun sebagian besar harus berasal dari lemak baik.

Zink.
Kandungan zink dalam tiram, kacang-kacangan, produk gandum, daging, dan unggas, akan membantu kita dalam memperbaiki stamina tubuh dan meningkatkan produksi sel darah putih. Kurangnya asupan zink akan berdampak pada rusaknya DNA saat kita berusia lanjut, demikian hasil yang ditemukan oleh para peneliti dari Oregon State University.

Dengan mengonsumsi zink secara cukup, kita tidak hanya akan membuat organ-organ tubuh berfungsi dengan baik, tapi juga dapat mencegah terjadinya infeksi, memperbaiki sel tubuh yang rusak, hingga menurunkan risiko kanker

sumber : http://www.rileks.com/lifestyle/trendz/healthy-life/32662-5-asupan-pencegah-penyakit.html

0 komentar:

Posting Komentar